Cara Memindahkan Foto dari Memori Internal ke SD Card HP

memindahkan foto ke memori external

FlashTekno.com – Memori internal setiap android memiliki kapasitas yang berbeda. Semakin besar kapasitas memori semakin mahal juga harga hp tersebut. Nah, solusinya yakni dengan menambahkan SD Card di HP Android anda. Bagi anda yang gemar berfoto mungkin akan mengalami kendala pada media penyimpanan yang sudah penuh. Nah, ada Cara Memindahkan Foto dari Memori Internal ke SD Card HP dengan mudah yang bisa anda lakukan.

Pasalnya, jika mememori internal smartphone samsung, xiaomi, oppo, asus dan merk ponsel lainnya penuh maka akan berpengaruh pada performa. Yang sering terjadi yakni hang, force close pada aplikasi hingga meminta reset ke pengaturan pabrik.

Hal tersebut sangat berbahaya apabila anda belum melakukan backup data. Nah untuk mengatasinya, anda perlu melegakan memori internal dengan memindahkan isinya ke kartu memori.

Cara Memindahkan Foto dari Memori Internal ke Kartu Memori Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Sony dan Asus

Untuk memindahkan file atau foto dari memori internal ke Kartu MMC bisa dengan berbagai cara. Yakni secara manual ataupun otomatis, berikut adalah caranya :

Mengubah Settingan Default Penyimpanan Foto Gallery ke SD Card / Kartu Memori

Cari ini merupakan cara otomatis untuk memindahkan foto dari internal storage ke external storage yakni SD Card atau MMC.

  1. Buka Pengaturan di Smartphone anda
  2. Pilih bagian Setelan Tambahan (Additional Set), kemudian pilih bagian storage
  3. Selanjutnya cari Storage – Setting dan ubah penyimpanan dari Camera, Gallery dll sesuai kebutuhan ke SD Card.

Untuk cara diatas tidak semua android bisa melakukannya. Sehingga, jangan bingung jika nanti di ponsel anda tidak anda.

Nah, untuk hp anda yang tidak bisa menerapkan cara diatas, bisa menggunakan cara memindahkan foto ke mmc secara manual.

Memindahkan Foto dari Memori Intenal ke MMC Melalui File Manager

Untuk cara memindahkan foto melalui file manager dibilang sangat mudah. Yakni anda cukup membuka file manager kemudian cari folder DCIM dan Cut selanjutnya pastekan ke folder DCIM yang ada di memori external.

Tidak usah anda copy, karena jika folder anda cut / potong nanti akan otomatis membuat folder DCIM sendiri ketika anda sedang memfoto gambar.

Selanjutnya anda juga bisa memindahkan foto dari galeri ke memori card menggunakan kabel data dan PC. Cara ini hampir sama dengan cara sebelumnya yang menggunakan file manager. Hanya saja lebih mudah dan lebih leluasa dalam memindahkannya.

Demikian ulasan mengenai Cara Memindahkan Foto dari Memori Internal ke SD Card HP mudah bukan ? selain memindahkan ke memori internal anda baiknya juga menyimpanya kepenyimpanan cloud seperti google drive atau media lainnya.

Hal tersebut bertujuan agar nantinya jika ponsel anda tiba tiba rusak, anda masih memiliki backup foto. Dan jika ingin disimpan di memori tinggal mengunduhnya saja. Sehingga, kenangan anda bersama mantan masih tersimpan.

You May Also Like

About the Author: Syaputra

Seorang lulusan Diploma Gizi yang sedang bimbang dalam menerapkan ilmunya, sibuk menulis blog FlashTekno.com dan beberapa blog lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *